Bahasa Indonesia di Australia

12 October 2012

Sebanyak 47 guru dari tujuh provinsi di Indonesia bakal mengajar bahasa Indonesia di sejumlah sekolah di Australia. Itulah informasi yang dilansir oleh Manajer Pusat Pendidikan Australia Josephine Ratna.  "Mereka akan kami berangkatkan pada 21 Februari mendatang untuk memberikan pelajaran tentang bahasa dan budaya Indonesia selama tiga pekan di Australia," kata Josephine Ratna, di Surabaya, Rabu (27 Januari 2010).
 
Dari seluruh jumlah tersebut, Jawa Timur merupakan provinsi terbanyak mengirimkan guru ke Australia, yakni 10 orang. Selanjutnya, 8 orang dari DKI Jakarta, 7 orang dari Bali, 7 orang dari Nusa Tenggara Barat, 6 orang dari Sulawesi Selatan, 5 orang dari Kalimantan Barat, dan 4 orang dari Sumatera Selatan. Guru-guru Bahasa Indonesia itu 24 orang berasal dari sekolah negeri di bawah naungan Kementerian Pendidikan Nasional, 2 orang dari sekolah negeri di bawah Kementerian Agama, 8 orang dari sekolah swasta Islam, 11 orang dari sekolah swasta Katolik, 1 orang dari sekolah swasta umum, dan 1 orang berasal dari pondok pesantren.
 
Selama berada di Australia mereka mengajar di 31 sekolah negeri, 11 sekolah swasta, dan empat sekolah Katolik. "Biaya pemberangkatan dan akomodasi selama tinggal di sana ditanggung pemerintah Australia melalui program kemitraan Australia-Indonesia Pengembangan Hubungan melalui Dialog Antar-Budaya dan Peningkatan Keterlibatan (BRIDGE)," kata Josephine.
 
Di Australia kini terjadi peningkatan jumlah peminat mempelajari Bahasa Indonesia. Hingga akhir 2009, sudah 31 guru dari berbagai daerah diberangkatkan ke Australia. Semua ini tercakup ke dalam program BRIDGE. Pemberangkatan 47 guru pada 21 Februari 2010 itu merupakan fase terakhir program BRIDGE.
 
Pemerintah Australia memprioritaskan pengajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum bahasa asing untuk jenjang pendidikan sekolah dasar dan menengah. Dalam sistem pendidikan di Australia, Bahasa Indonesia kini sama pentingnya dengan Bahasa Jepang, China, dan Korea.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Post a Comment