Analisa Web

16 March 2012


 Kali ini saya akan menganalisa sebuah website penyedia situs berita online yang selalu update 24 jam dalam sepekan dan secara kreatif menyatukan teks, foto, video dan suara. Web ini berupaya menerapkan standar jurnalisme berkualitas dalam meliput peristiwa nasional dan internasional. Selain hadir di layar komputer pribadi anda, media ini bisa diakses melalui telepon seluler atau PDA. Dengan segala kelebihan tersebut, menjadikan VIVAnews bagian dari upaya mencerdaskan bangsa melalui jurnalisme cerdas, tajam, berimbang dan menghibur.





Dilihat dari beberapa fungsi web yaitu :

· Fungsi Psikologis
Secara psikologis web ini memberikan informasi dan berita – berita teraktual yang terjadi setiap harinya yang dibutuhkan oleh para pembacanya.. Informasi dan berita – berita yang ada cukup lengkap dari berita politik, social, bisnis, nasional, international, ekonomi, entertainment, sport dll. 

· Fungsi Ergonomis
Dilihat dari fungsi ergonomis tata letak disusun dengan sangat baik, mulai dari tata letak tulisan maupun gambar yang ada dan pemberian video yang berhubungan terhadap web tersebut menjadikan vivanews sangat enak untuk dilihat bagi semua orang dari berbagai usia.

· Fungsi Kecerdasan Buatan
Desain maupun tulisan yang ada di web ini dibuat semenarik mungkin agar pembaca berminat dan ingin mengetahui berita - berita yang terjadi saat ini menjadi sangat antusias, sekaligus memungkinkan pembaca dapat mengakses web/situs tersebut setiap saat dimanapun berada.

· Fungsi Teknik Penulisan
Teknik penulisan yang digunakan penulis pada situs ini sudah cukup baik mulai dari bentuk font yang sederhana namun tidak terkesan membosankan. Pemberian warna pada font sudah sesuai dengan background warna, sehingga tidak membuat mata menjadi sakit. Dan pemberian gambar animasi – animasi bergerak yang dapat menarik pengunjung web agar tidak bosan ataupun jenuh ketika pengunjung melihat situs ini.

· Fungsi Multimedia
Pada web ini menggunakan perangkat multimedia seperti gambar animasi bergerak dan video yang mengeluarkan suara, kemudian iklan baris yang berjalan yang membuat web ini terlihat menarik perhatian pembaca agar berlama lama berada di web ini.

· Fungsi Rekayasa Perangkat Lunak
Pada Web ini dibuat secara efektif dan efisien guna kenyamanan para pembaca. Web ini dilengkapi dengan banyak fitur pilihan ketika kita akan hendak memilih informasi ataupun berita yang akan kita lihat dan baca. Pada web ini juga dilengkapi dengan search engine yang bertujuan agar para pembaca dapat mengakses informasi/berita secara mudah dan lebih cepat.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Post a Comment